Cara Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Seperti Ahli

Bagaimanakah memilih kombinasi warna cat rumah untuk eksterior dan interior? Sejujurnya, kita tidak perlu menjadi seorang ahli untuk memilih kombinasi warna cat seperti seorang pakar.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membantu anda dalam memilih kombinasi warna cat.

Suasana

Langkah pertama yang terbaik sebelum anda memilih warna cat rumah adalah menentukan suasana apa yang ingin anda rasakan ketika berada di dalam rumah? Jika kita sudah menentukan suasana apa yang ingin kita rasakan, memilih kombinasi warna cat rumah akan lebih mudah.

Kita juga harus mempertimbangkan tujuan dari ruangan tersebut. Apakah ruangan tersebut untuk bersantai yang dilengkapi dengan perabotan yang nyaman dan pencahayaan lembut? Apakah tujuan ruangan untuk dijadikan dapur? Atau hanya menjadi ruang kosong untuk menampilkan karya seni atau titik fokus lainnya.

Jika anda menginginkan rumah minimalis, hitam dan putih adalah salah satu pilihan warna terbaik untuk warna cat rumah minimalis. Akan tetapi jika anda lebih suka rumah dengan ruangan yang berwarna dan colorful, menentukan suasana ketika berada di rumah sangatlah penting.


Kombinasi warna cat rumah
Kombinasi warna cat rumah

Jika anda termasuk orang yang lebih suka berfikir secara logis dan ilmiah. Anda bisa bisa menggunakan konsep 60-30-10. Jika anda mengikuti konsep ini, anda akan tahu seberapa banyak warna cat yang digunakan pada suatu ruangan.

Konsep ini bisa diterapkan dengan menggunakan 2-3 kombinasi warna cat rumah. Gunakan warna cat pertama pada 60% dinding ruangan.

Warna kedua digunakan pada 30% ruangan. Warna kedua ini digunakan bisa pada langit-langit, karpet dan perabotan.

10% warna terakhir bisa anda gunakan pada aksesori ruangan. Hal ini akan menambah aksen yang cantik pada rumah anda. Konsep ini bisa diterapkan untuk interior dan eksterior rumah anda.

Inspirasi Dari Alam

Bagi sebagian orang, setelah mengikuti langkah 1 dan 2. Mereka masih belum cukup yakin untuk memilih kombinasi warna cat yang tepat. Ada baiknya anda mencari inspirasi dari alam dan lingkungan sekitar.

Riset Sejarah

Melakukan riset untuk warna yang digunakan pada era sebelumnya dapat memberikan anda inspirasi. Bahkan, anda juga dapat menemukan desain rumah dan perabotan yang unik.

Jika anda masih tetap bingung dalam menentukan kombinasi warna cat. Mungkin gambar dibawah ini dapat membantu anda.

Kombinasi Warna Cat Rumah
Kombinasi Warna Cat Rumah
Pada gambar di atas anda bisa melihat warna merah akan cocok jika dibandingkan dengan warna hijau. Sedangkan pada gambar kamar diatas, warna kuning bisa di cocokkan dengan warna ungu.

Jadi anda hanya perlu menarik garis lurus saja dari warna yang anda pilih pada diagram lingkaran warna diatas. Hasilnya kita akan mendapatkan warna yang cocok untuk kombinasi warna cat rumah kita.

0 Response to "Cara Memilih Kombinasi Warna Cat Rumah Seperti Ahli"