Teknik Membuat Cat Tekstur Kamprot untuk Dinding

Melayani jasa pengecatan Cat Tekstur Jakarta Bogor Tangerang Bekasi Depok dan sekitarnya.
Banyak cara sebenarnya untuk mempercantik tampilan tembok/dinding bangunan Anda, salah satunya dengan wall texture/Cat tekstur. Berikut Saya berikan pembahasannya.

Mempercantik dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya permainan warna cat atau berkreasi dengan wallpaper. Namun jika Anda ingin sesuatu yang lebih bertekstur untuk dinding Anda, cobalah dinding kamprot. Kamprot adalah sebuah trik atau teknik finishing pada sebuah bidang atau permukaan yang dilakukan dengan cara tertentu sehingga dapat menimbulkan tekstur halus kasar secara acak. Dinding bertekstur memiliki tampilan cukup unik dan menarik.

Daya tarik dinding ini adalah efek shadow yang dihasilkannya. Apabila terkena cahaya, efek kasarnya menjadi dominan. Dinding ini mudah dibuat, tapi membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Hal pertama yang harus dilakukan si pemilik rumah adalah menentukan dinding yang ingin diaplikasikan kamprot. Misalnya taman, kehadiran kamprot bisa menjadi pendukung elemen yang dapat mempercantik taman, apalagi ditunjang dengan efek pencahayaan yang tepat.

Alat yang diperlukan untuk membuat dinding kamprot adalah bahan semacam mortar, pasir, latex, dan bahan pendukung lainnya. Jika semua alat sudah Anda miliki, sekarang adalah cara membuatnya. Ada dua cara pembuatan dinding kamprot yakni secara manual. Caranya, aduklah semen pasir dalam kekentalan tertentu, lalu dilempar ke arah permukaan dinding melalui penghalang saringan atau kasa dengan dimensi lubang sesuai keinginan si pengguna. Dalam hal ini, besar-kecilnya ukuran saringan serta kekentalan adukan semen pasir sangat menentukan tekstur yang dihasilkan oleh pembuatan dinding kamprot dengan cara manual. Namun perlu di ingat, dengan cara manual ini hasilnya agak kurang rapi.

Alat membuat tekstur manual
Alat pembuat tekstur manual

Cara lainnya adalah dengan bantuan mesin atau alat, yaitu seperangkat spray gun khusus dengan tabung besar dan kompresor, seperti proses pengecatan duco atau melamin. Biasanya pengaturan kekasaran tekstur kamprot sangat bergantung pada kekentalan adukan, besar bukaan pada spray gun, dan tekanan angin pada kompressor.

Cara membuat tekstur
Membuat tekstur dengan spray

Satu hal yang perlu diwaspadai atas dinding kamprot adalah bahwa tekstur atau tonjolan-tonjolan pasir halus di seluruh permukaan dindingnya dapat melukai tubuh. Terlebih jika pasir yang digunakan agak kasar. Namun jangan takut, menggunakan cat yang tepat serta teknik mengamprot yang benar, setidaknya permukaan kasar dan tajam itu dapat dikurangi.

Secara teori memang terlihat mudah, namun belum tentu mudah pada prakteknya, tentunya Anda butuh tenaga tukang ahli yang mengerjakannya, dengan tukang yang ahli tentulah hasilnya akan maksimal.

Jika Anda tidak ingin bersusah payah dan repot, kami menyediakan untuk Anda jasa pembuatan cat tekstur dengan hasil yang maksimal. Kami ahli dalam penanganan pembuatan dan mempercantik tampilan dinding bangunan Anda.
 
Kami Kreasi Karya Cipta menawarkan Jasa Pengecatan Terbaik dan Professional di Indonesia dengan harga yang sangat kompetitif.

  KREASI KARYA CIPTA

0 Response to "Teknik Membuat Cat Tekstur Kamprot untuk Dinding"